Thursday, July 26, 2012

Insyallah ini sdh cukup untuk kami abi

"apa yg disombongkan manusia, tdk ada yg bisa disombongkan.."
petuah mama yg selalu mengalir...
bukan karena untuk sombong,pamer kita ada didunia karena untuk ibadah padaNya...
itu petuah untuk ummi,abi dan akan terus ditanamkan ke anak2 ...
rejeki dariNya..kita hanya perlu kerjakeras dan cerdas,ulet pantang menyerah dan terus berdoa untuk mendapatkannya..
tanpa menyakiti siapapun tanpa mendholimi siapapun.
insyallah semua itu berkah, bukan banyak yg dicari tapi keberkahannya dan DIA ridha akan smua ini.
kerja diluar untuk mencari rejeki adalah salah satu bentuk tanggungjawab suami.
meski ummi yakin insyallah ajaran dan didikan orangtua yg tertanam selama ini sudah melekat namun tetap ummi tekankan setiap hari 
"jangan ambil hak yg bukan hak kita..jangan sepeserpun jangan,apalagi sampai dibawa pulang.ummi dan anak2 tidak akan ridha"
karena mungkin suatu kali pernah melihat itu terjadi rekan2 satukali 2x 3x bisa2 tertanam di abi akan jd suatu hal yg wajar.
sekali lagi
"Insyallah ini sudah cukup untuk kami abi"
"alhamdulillah,anak2 sehat,sekolah disekolah yg baik,makan2an yg sehat,rumah bersih teduh,keluarga hangat,tetanggan hangat,teman hangat,ibadah nyaman dan tenang..Insyallah itu sdh lbh dr cukup yg Allah karuniakan kekita"

nikmat mana lagi yg harus kita dustakan,
smoga kita smua selalu takut padaNya karena DIA MAHA MENGETAHUI.



Monday, March 5, 2012

Man Jadda Wajada ..dari kacamata Ibu2 jaman sekarang :D

"apa yang saya kerjakan itu dg niat bermanfaat u/ orang lain, manfaat u/ 1 orang Alhamdulillah, u/ 2 orang Alhamdulillah, mengenai uang berlimpah dibalik itu adalah nilai plus" #lagiberusahamencernakalimatini

    • Ike P-Dhe piye hasil pencernaanmu..?? share dunk.. :)

    • Nike Diana Amru belum aku cerna dg baik ^^. Aku jelasin aja maksudnya, Umumnya bekerja itu yang pertama money oriented, tp kalimat ini menyarankan bermanfaat oriented, jangan mikir uang dulu. Hampir sama dg sekolah & kuliah, umumnya nilai oriented, tp kalau ilmu oriented maka nilai itu nilai plus atau efek samping.
      Contoh realnya penulis 5 Menara saat ditanya,


    • Ike P-Dhe owww... lagi booming niy 5 menara.. :) kmarin liat di Kick Andy ga..?? terpesona aku dibuatnya.. so inspiring..

    • Nike Diana Amru
      "Bagaimana perasaannya pertama kali mau mulai menulis novel ini, ada ketakutan akan tidak laku?". Penulisnya ingat pesan kiainya dan menjawab, kuranglebihnya"saya tidak berfikir itu dulu. Sy hanya ingin bermanfaat bg org lain. Bagi saya dibaca 1 orang Alhamdulillah, 2 orang Alhamdulillah, jadi best seller itu nilai plus".
      Agak susah berpikir seperti itu kalo menyangkut pekerjaan utama. Tapi mungkin sederhananya menjaga niat untuk bekerja dan berbisnis yg bermanfaat bg org lain bukan hanya money oriented.


    • Nike Diana Amru wahaha bahas 5 menara deh :D. Aku belum baca. Mbk Erni dulu ngebet beli novel ini :D. Btw, kalimat di atas itu pesennya bojoku hihi

    • Ike P-Dhe
      sing endi sing pesenane bojomu..?? :P sing agak susah dan bla bla bla itu ta..?? :) buetuull.. selain penulis 5 menara, ustadz Hasanain Juaini juga keren, sudah jauh2 merantau ke negeri Jiran, pulang ke Lombok Barat demi mewujudkan keingina...Lihat Selengkapnya


    • Nike Diana Amru huahaha dowo pisan. Tp intine podho ;). (Man Jadda Wa Jadda! Iyo aku nonton pisan :p). Pesene bojoku ya kyk statusku itu sebelum nonton di Kick Andy. Kalau yg "susah kalau..." itu kesimpulanku yg galau wkwkwk. Tp InsyaAllah dg keyakinan akan ketetapan rejekinya sedikit demi sedikit bisa memahami kebenarannya dan dipraktekkan tentunya..

    • Ummi Ayezza
      bukan maksud riya ya prend, kmrn aq memulainya dng sharing bikin blog u jualan bersama temen2 n dikit2 memasukkan ilmu seoku yg msh cethek bangettt berkali2 sebelum melangkah terus dan terus aq istigfar..dan berdoa "y Rabb,langkah ini tulus u ridhaMu.. untuk ibdah padaMu..sedikit ilmu yg hamba punya hamba tularkan smoga Engkau ridha dan jangan jdnya hamba riya,ingin dipuji,ingin dibilang sok pintar,juga untuk kepentingan hamba yang lain jauhkan y Rabb" berkali2...sampai pas jelasin spt itu.. 1 orang yg mau ikut monggo,lainnya berkasak kusuk tidak apa2,2orang alhamdulillah,3orang subhnalallh .. smoga share ini bisa memberi semangat pagi ini ya :D untuk aq juga untuk terus dan terus berjuang .. berjuang dari hal kecil yg kita bisa dan punya dengan segala keterbatasan yg ada

    • Nike Diana Amru
      Siippp, mbak Erni udah memulai dari apa yang sudah diketahui dan bermanfaat untuk yang lain. Alhamdulillah, kembaran mbak Erni , Novita REtnowati InsyaAllaah berbuat yang sama, awalnya niat membantu mbah-mbah di sekitar rumah yang keadaan sosial di situ "dipinggirkan" oleh anak-anaknya yang mapan, jadi mbah-mbah ini bekerja dengan senang hati untuk Dapur Sehati. InsyaAllah, saya juga sedang punya amanah..... Alhamdulillah, kita saling memberi spirit dan menjaga niat...


    • Ummi Ayezza
      man jadda wa jada ..aq memaknainya lakukan usaha melebihi orang lain lakukan coba sampai batas kemampuanmu yg ada dan jangan sekali2 usaha itu mencelakakan orang lain :) ... sharing lg ..dulu pas naik gunung awal rasane berat banget..arek2 podo mrusut n kotor smua juga teler n minta brng dibawain, aqberusaha melawan diriku "harusbisa!!!!!" dan ketika aq capai aq cmn bilang,tarik nafas dan coba lagi kl kakimu wis kewel itu brarti bener2 g kuat kl belum terus lanjutkan...dan alhamdulillah aq satu2nya cewek yg sampai puncak pertama n tanpa noda kotor d baju dengan brng aq bawa sendiri :D semangat itu aq pakai sampai skrng :D


    • Ummi Ayezza
      pas naik wallgreat aka tembok china.. dng umur beda 15tahun dr pas naik :)) ibu2 pd teler ..ogah ah naik .. cape foto2 disini aja bilangnya :D akhirnya aq berangkat sendiri naik, sepatu hak aq masukkan tas dan aq ambil sandal hotel , aq tapaki satu persatu menaranya 1menara mendaki curam.. setiap sampai 1 menara tengok kebelakang gliyeng.. :)) aq semangati diriku "ernie..jangan nyerah" tiba2 sampingku ada kakek2 bule..senyum .. dan kasih jempol ke aq..jdmembara deh..akhirnya sampai ke menara ke 7 tengok belakang bener2 gliyeng ...:(( tarik nafas mw melanggah tetep ngliyeng..lihat bawah orang2 keliatan kecil:D tengok menara ke 6 melihat kakek td tersenyum dan mengangkat jempol .. akhirnya teseok2 turun ..kaki wis kewel ...:)) semangat ada tp fisikwis g kuat :D tapi ada pelajaran yg kita petik dari sharing yg ini adalah Allah tidak akan diam.. Dia selalu ada untuk hambaNya :D

Thursday, December 29, 2011

Dakwah Cerdas di Kampung Penyuka Daging Babi

Kisah ini diceritakan saat kajian Fiqh Thaharah. Ada sebuah kampung muslim terpencil di Jawa Timur, yang mana lauk utama penduduknya adalah daging babi. Kenapa babi, karena babi ini satu-satunya hewan ternak yang berkembang biak disitu. Tidak ada kambing, sapi, ayam. Karena ini masalah krusial bagi umat muslim, maka di sebuah organisasi Islam (saya tidak akan menyebutnya daripada Islam terkotak-kotak organisasi tertentu :p), diutuslah salah seorang yang tugasnya menyadarkan penduduk akan seriusnya tingkat haram daging babi ini.

Tugas ini cukup berat, karena ini menyangkut kebiasaan penduduk. Kalo dibilang ini HARAM! huwahhh bisa langsung diusir dari kampung ustad ini. Jadi tugas berdakwah ini berlangsung agak lama, dan harus tinggal di kampung tersebut. Jadi yang menerima amanah juga mendapat gaji dari organisasi Islam tersebut dalam menjalankan tugas mulia ini.

Lalu bagaimana caranya?. Setelah beberapa tinggal di kampung ini dan mulai bisa melebur dengan masyarakat. Ustad tersebut mulai menjalankan misi, yaitu membujuk orang-orang untuk hanya menkomsumsi babi betina, kata sang ustad, daging babi betina itu lebih enak!. Nah, kalao babi betina saja yang dikonsumsi, maka lambat laun, populasi babi semakin sedikit dan punah. Naah, di detik-detik kepunahan babi ini mulai didatangkan sapi, kambing, dan ayam. Setelah masyarakat cukup siap dan sudah tertarik dengan daging lain, baru ustad dalam sebuah ta'limnya mengatakan bahwa daging babi ini haram. Hmm happy ending jadinya, penduduk tidak lagi makan babi.

Subhanallah, salut untuk sang ustad dan organisasi Islam tersebut yang peduli dan serius menangani ini. Memang perlu usaha yang tidak instan ya untuk merubah sebuah kebiasaan yang sudah mendarah daging.

Friday, December 16, 2011

Onion Ring Crispy

Pernah dengar Onion Ring Crispy kan?
Nah kali ini aku sharing menu kuliner Banyuwangi

Menu kali ini aku dapat dari cafe RS Yasmin
Bahan dan cara bikinnya cukup simple.

Bahan :
1. Bawang bombai secukupnya
2. tepung : lihat posting sebelumnya jamur crispy
2. Tepung Sajiku
4. telur 1
5. Masako sapi

cara:
1. Iris Bawang sesuai selera
2. Masukkan Masako secukupnya
3. Aduk dengan tepung
4. Kocok telur
5. Masukkan bawang ke dalam telur jika ingin hasil lebih tebal
6. guling2kan bombai pada tepung lagi
7. Goreng dah

menu sederhana siap saji dan disukai anak2:)

Selamat mencoba:)

Wednesday, December 7, 2011

Perkedel Sawi

Kali ini beda dr yang lain...
Murah dan meriah....

Bahan :
15gr sawi
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 lembar bawang pre
Kecambah dele secukupnya
1 ibu jari Kencur
1 telur
Garam dan gula secukupnya
Cabe sesuai selera

Cara :
1. Haluskan semua Bahan
2. Campurkan semua bahan
3. Goreng

Sangat enak di santap saat hangat...
monggo..:)

Friday, November 11, 2011

ibu harusnya jd polisi yg mengawal jajanan sikecil di sekolah..

merah,kuning,hijau ..
warnanya menyala,segar,indah..itu ada dijajanan beberapa tukang jajan depan2 skolah..
warnanya memanggil2 untuk dilahap.."makan aku..makan aku"
dan anak2 berbondong2 bergerombol menyerbunya....
ibu2 yg menunggui anak2nya malah senang hati ketika sikecil datang : "ma jajan itu"
langsung menyodorkan uang untuk kemudia lanjut obrolan dng ibu2 lain
"yg penting mw makan bu.. "

ngeri bangettt lihat pemandangan spt itu..
hyuk bunda ...kita jd polisi.. meskipun nangis kiyer2 kl minta jajan yg warna seindah pelangi menyolok mata itu jangan dikabulkan...
warnanya indah rasanyamungkin gurih, manis lezat.. namun efeknya .. syeyemmmm
hyuk bawa bekal, dan kerjasama dng bapak ibu gurunya untuk ajak temen2nya disekolah bawa bekal..agar anak2 ga jajan sembarangan...
sebarkan virus bawa bekal dr rumah ke temen2 anak2 kita insyallah anak2 kita terhindar dr jajan sembarangan dan teman2nya juga jd sehat :D semangattt ...

*) kali ini tulisan ringan lg.. gpp ya biar renyah kriuk2 bacanya kyk maem kacang ga perlu mikir,kecuali yg hobi tumbuh jerawat :D
*)tulisan ini mungkin ada juga di http://simply-ernie.blogspot.com :D tp dijamin original ga copas dr manapun krn yg nulis orangnya sama :D

Thursday, November 10, 2011

Cara Sederhana Mengajak Kebaikan Ke Tetangga

Masih ingat kan bahwa tiap muslim wajib berdakwah?.
“Kalian adalah umat terbaik yang dikeluarkan bagi manusia;kalian memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari yang mungkar, dan kalian beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran : 110).
Bagaimana dengan berdakwah ke tetangga?. Boro-boro mo berdakwah, berlum berdakwah aja sudah digosibin macem-macem, oh no! :D. Atau malah dikira teroris karena penampilan sebagai "jilbaber". Hmm, teman liqo'ku mbak Atik punya cara yang menurutku sederhana tidak muluk-muluk. Mbak Atik bisa membaca Al Quran secara tartil dan sesuai mahrojnya, kebetulan menggunakan metode tilawati dan telah ikut ujian dan sertifikasi tilawati. Mbak Atik mengajar tilawati di sekolah dan sebagai salah satu celengan di akhirat mbak Atik mengajak ibu-ibu di sekitar rumah belajar membaca Al-Quran.

Suasana ngajinya tidak spaneng seperti di lembaga belajar ngaji umumnya, ya khas ibu-ibu, sambil bercanda dan berdagang, hihi. Kebetulan mbak Atik orangnya humoris. Dan inilah yang membuat mereka nyaman untuk terus datang belajar mengaji sampai bisa. Aku pun siang tadi jam 10.30 datang belajar karena ngajiku fales, dan membenahi beberapa tajwid yang masih salah.

Berdakwah dengan perbuatan, mungkin itu gambarannya, karena bercanda pun candaan yang tidak mengolok-olok dan tidak berghosib. Sesekali dikomentari dakwah halus, seperti "Iya itulah berkah mengaji, jadi tambah teman dan usahanya dikenal". Mbak Atik juga berusaha ngajak ibu-ibu ikut liqo', ada satu yang sudah mau dan rutin ikut, yang lainnya masih sungkan :).

Sederhana dan mudah ya peran mbak Atik? Tidak juga, karena mbak Atik saat ini di usia sekitar 35 an, sudah sakit rheumatik. Kalau dipaksa bekerja keras bersih-bersih dan nyuci baju terus menerus, malam harinya tangan dan kakinya linu luar biasa, besoknya pincang tidak bisa jalan agak jauh. Hmm untuk Ibu rumah tangga yang terganggu kesehatannya plus guru yang harus membagi waktu mengerjakan pekerjaan domestik yang tidak dibantu mesin cuci dan pembantu rumah tangga. Rasanya ini luar biasa karena telah mengikhlaskan meluangkan waktu 3 jam, seminggu 4 kali, mengajar mengaji dan "meladeni" ibu-ibu bercanda (ngajinya 10 menit, bercandanya 3 jam!, xixi).

Semoga mbak Atik diberi kesembuhan dan dilimpahkan pahala dan keberkahan atas ilmunya, amin.